5 Solusi Bisnis dari ERP Epicor Production Management

ERP Epicor production management adalah sebuah sistem erp yang berfungsi untuk membantu memanajemen proses produksi, terlebih lagi bagi perusahaan manufaktur. Dalam sebuah bisnis terutama dalam bidang manufaktur, proses produksi merupakan hal penting yang harus terkontrol dengan kuat, entah itu produksi dalam skala besar ataupun kecil.

Banyak bisnis manufaktur yang memiliki proses produksi yang kompleks. Maka dari itu, diperlukan teknologi yang tepat untuk bisa menghasilkan produk yang berkualitas. Salah satu teknologi yang dapat membantu yaitu epicor, perangkat lunak ini menawarkan berbagai fitur yang fleksibel dan serbaguna. Berikut solusi bisnis yang epicor tawarkan.

Job Management

Job management merupakan salah satu solusi bisnis yang ditawarkan oleh aplikasi epicor. Melalui fitur ini pengguna dapat mengelola proses produksi, mulai dari perencanaan, routing, penjadwalan, pembiayaan, dan pelacakan bahan material. Semua proses tersebut dapat ditampilkan hanya dalam satu tampilan layar saja dan dapat diakses secara real time.

Selain itu, fitur ini membantu memudahkan pengguna dalam membuat job baru, merelokasikan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan permintaan, menghitung dan membandingkan biaya produksi, menghandle satu ataupun banyak pekerjaan produksi, melakukan penjadwalaan produksi, mereview spesifik pekerjaan, hingga melacak dan menganalisis produktifitas bisnis.

Membantu Mengelola Advance Production

ERP Epicor production management juga menawarkan solusi untuk mengelola advance production. Dalam mengelola advance production ini sistem epicor akan menggunakan teknologi batching dimana pengguna dapat mengelompokkan beberapa proses produksi untuk proses produksi utama.

Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk merencanakan operasi produksi untuk diselesaikan pada waktu bersamaan secara berurutan ataupun satu demi satu. Adanya fitur ini membuat perusahaan dapat mengontrol biaya produksi secara lebih akurat.

Melakukan Analisis Data

Pengumpulan data sangat diperlukan untuk memberikan gambaran mengenai apa yang terjadi di suatu perusahaan. Fitur analisis data pada aplikasi epicor memungkinkan pengguna dapat melacak transaksi yang sedang terjadi, melakukan pengumpulan data secara real time, melaporkan pekerjaan staf, hingga membantu mengakses dokumen seperti proses dalam mendesain, multimedia video dan lainnya.

Semua data tersebut dapat diakses dan dilakukan secara cepat dan sederhana, sehingga dapat menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan manusia.

Melakukan Pengecekan Quality

Kualitas produk tentu sangat penting bagi sebuah bisnis. Epicor production management membantu pengecekan quality dengan cara memastikan pengguna mendapatkan visibilitas secara lengkap terhadap operasi produksi yang sedang terjadi. Selain pengecekan juga terdapat jaminan kualitas yang mencangkup proses pengembalian produk ke pemasok.

Fitur ini memiliki sistem antrian dalam menelusuri produk yang keluar dan masuk. Antrian item produk akan sepenuhnya diperiksa dan dikoreksi. Jika nantinya produk ada yang tidak sesuai maka karyawan dari lantai produksi akan langsung menandainya.

Merekam Kegiatan Produksi

Solusi bisnis lainnya yang ditawarkan epicor adalah merekam kegiatan produksi. Hal ini bisa dilakukan dengan adanya fitur MES (Manufacturing Execution System) yang berfungsi untuk mencatat hasil produksi, management supply, ataupun performa SDM.

Fitur MES ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas produk, meningkatkan produktifitas, dan membantu produksi dapat selesai tepat waktu. Data Epicor MES diambil langsung dari lantai produksi untuk kemudian dianalisi. Dengan informasi tersebut dapat membantu menimalisir kesalahan produksi sebelum benar-benar terjadi.

Itulah bagaimanan sistem ERP Epicor product management dapat membantu bisnis pada bagian produksi. Dilihat dari kegunaanya, maka tidak ada salahnya jika perusahaan anda ikut menerapkan epicor. Salah satu sistem yang dapat menjadi pilihan terbaik yaitu ERP Epicor dari Kreatif.

Komentar